PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI DAN SALES GROWTH PERUSAHAAN DENGAN FAMILY CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI INDONESIA

  • Ivana Teddy Kusumawati Universitas Surabaya
  • Yie Ke Feliana Universitas Surabaya
Keywords: CSR, Family Control, Sales Growth, Tobin’s Q

Abstract

Pengeluaran perusahaan terkait Corporate Social Responsibility (CSR) masih memunculkan perdebatan dimana di satu sisi CSR dianggap dapat memberikan keuntungan dan nama baik perusahaan, tetapi di sisi lain CSR dianggap mengurangi keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai dan sales growth perusahaan serta pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai dan sales growth dengan family control sebagai variabel moderating. Pengukuran nilai perusahaan menggunakan Tobin’s Q dan pengukuran sales growth dengan perbandingan sales perusahaan. Variabel kontrol yang digunakan adalah size, research and development, leverage, dan jenis industri. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai dan sales growth perusahaan, sedangkan variabel family control mampu memoderasi hubungan CSR dengan nilai perusahaan tetapi tidak dengan sales growth perusahaan.

Author Biographies

Ivana Teddy Kusumawati, Universitas Surabaya

Universitas Surabaya

Yie Ke Feliana, Universitas Surabaya

Universitas Surabaya

Published
2019-09-05