PENGELOLAAN SANGGAR BUSANA BERBASIS TEACHING FACTORY PADA JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 6 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui manajemen sanggar busana berbasis teaching factory, dengan mengkaji keadaan obyek dan fakta- fakta yang bersangkutan mengenai manajemen sanggar busana berdasarkan fungsi manajemen. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Manajemen teaching factory SMK Negeri 6 Makassar, (a) Perencanaan pengadaan bahan baku terkendala ketersediaan karena adanya tugas ganda. (b) Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk struktur organisasi. (c) Pelaksanaan/ Motivasi yaitu dengan terpenuhinya kebutuhan SDM, memotivasi peserta didik agar bekerja lebih efisien. Hasil penellitian menunjukkan bahwa evaluasi secara berkala terhadap sarana dan prasarana dan penggerak teaching factory dapat menjadikan gambaran pengelolaan sanggar busana teaching factory pada jurusan tata busana SMK Negeri 6 Makassar. Pengelolaan sanggar busana teaching factory yang baik pada jurusan tata busana akan dapat meningkatkan prestasi siswa baik dari akademik maupun non akademik.