PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN K3 DAN SANITASI HYGIENE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI SMK NEGERI 1 MAJENE
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran K3 dan Sanitasi Hygiene Melalui Model Pembelajaran Problem Based. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik siswa dari siklus I ke siklus II, dimana terjadi peningkatan Keaktifan belajar peserta didik, yaitu 60% pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 75% di siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Based Instruction dapat meningkatkan keaktifan pada kelas X SMK Negeri 1 Majene.