DESAIN PEMBELAJARAN ENGLISH FORMATH BERBASIS BLENDED LEARNING

  • Badaruddin Badaruddin Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mas’ud B. Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Marwati Abd. Malik Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Siti Hajar Larekeng Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muhammad Siri Dangnga Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: blended learning, TIK, English for Math

Abstract

Perkembangan teknologi yang makin pesat telah memberikan beragam warna dalam pembelajaran Inggris sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik, efisien, dan efektif bagi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat terwujud. Salah satu model yang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran adalah model blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model blended learing pada pembelajaran English for Math. Penelitian tahun pertama ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data terdiri dari tiga cara yaitu (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran English for Math berbasis modelblended learning di Universitas Muahmmadiyah Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model blended learning memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa namun dianggap belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan akses internet dan jaringan listrik serta fasilitas TIK untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran ini.

Published
2018-07-31