EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ENREKANG

  • Nurhapsa Nurhapsa Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Nuddin Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Suherman Suherman Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Lismayanti Lismayanti Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Efisiensi pemasaran, saluran pemasaran, kopi arabika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran kopi arabika di Desa Potokullin Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis efisiensi pemasaran. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 23 petani kopi, 8 orang pedagang pengumpul dan 3 orang pedagang besar 11 orang pedagang (pedagang pengumpul). Data dianalisis dengan menggunakan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran kopi yang efisien yaitu dari petani yang sekaligus sebagai pedagang ke konsumen dan dari petani ke pedagang pengumpul kemudian ke konsumen.

Author Biographies

Nurhapsa Nurhapsa, Universitas Muhammadiyah Parepare

Agribisnis

Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Andi Nuddin, Universitas Muhammadiyah Parepare

Agribisnis

Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Suherman Suherman, Universitas Muhammadiyah Parepare

Agroteknologi

Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Lismayanti Lismayanti, Universitas Muhammadiyah Parepare

Agribisinis

Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Published
2018-07-31