Analisa Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Biaya Operasional Kendaraan pada Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan KM 12

  • Bethmarch C Lopuhaa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Rais Rachman Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Louise Elizabeth Radjawane Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Indonesia Paulus
Keywords: Ruas Jalan, Kapasitas, Hambatan Samping, Biaya Operasional Kendaraan

Abstract

Abstrak

Ruas jalan Perintis Kemerdekaan KM 12 sering mengalami kepadatan volume lalu lintas yang cukup tinggi pada waktu tertentu akibat banyaknya aktivitas disisi jalan seperti kendaraan parkir dan berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang, jumlah kendaraan keluar masuk pada jam pergi dan pulang kantor, ditambah jumlah pejalan kaki yang berjalan atau menyeberang sepanjang segmen jalan serta arus kendaraan yang bergerak lambat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kinerja (volume, kecepatan, dan kapasitas) pada kondisi jam puncak menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan bagaimana pengaruh hambatan samping terhadap biaya operasional kendaraan menggunakan metode yang dikembangkan oleh LAPI-ITB 1997. Volume lalu lintas tertinggi sebesar 4977,3 skr/jam dengan kecepatan rata-rata 8,41 km/jam, kapasitas ruas jalan 1753,5 skr/jam dan derajat kejenuhan 2,84. Pengaruh jumlah frekuensi hambatan samping terhadap biaya operasional kendaraan adalah 27,4%. Semakin tinggi frekuensi hambatan samping, maka biaya operasional kendaraan akan semakin tinggi.

Abstract

The Perintis Kemerdekaan KM 12 road section often experiences quite high traffic volume density at certain times due to the many activities on the side of the road such as vehicles parking and stopping to drop off and pick up passengers, the number of vehicles going in and out during hours going to and from work, plus the number of pedestrians walking or crossing along road segments as well as slow moving traffic. The purpose of this study was to find out how the performance (volume, speed, and capacity) during peak hour conditions used the 2014 Indonesian Road Capacity Guidelines method and how side friction affected vehicle operating costs using the method developed by LAPI-ITB 1997. The highest traffic volume was 4977.3 cur/hour with an average speed of 8.41 km/hour, the road capacity is 1753.5 cur/hour and the degree of saturation is 2.84. The effect of the number of side friction frequencies on vehicle operating costs is 27.4%. The higher the frequency of side friction, the higher the operational costs of the vehicle

Published
2024-09-23