Kualitas Pelayanan Kontainer Di Terminal Petikemas Pelabuhan Makassar Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa
Abstract
Pelayanan merupakan unsur yang sangat penting didalam usaha meningkatkan kepuasan konsumen. Oleh karena itu pengukuran kepuasan akan pelayanan yang diberikan oleh PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Terminal Petikemas Makassar pada masyarakat harus selalu dilakukan untuk mengetahui dan merencanakan strategi yang lebih dimasa mendatang dan lebih meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen serta meminimalisasikan masalah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang kualitas pelayanan kontainer di Terminal Petikemas Pelabuhan Makassar terhadap kepuasan pengguna jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan di Terminal Petikemas Pelabuhan Makassar sudah baik dengan selalu memperhatikan kepuasan dari pengguna jasa pelayannya, namun masih perlu adanya peningkatan pelayanan pada layanan bongkar muat baik dalam penerimaan dan pengiriman petikemas agar tidak terjadinya keterlambatan dalam pengiriman atau penerimaan petikemas di Pelabuhan Makassar.