Sistem Pelayanan Penjualan Tiket Kapal Penumpang Secara Vending Mesin Di PT. Pelni (Persero ) Cabang Makassar

  • St. Syahriati Politeknik Maritim AMI Makassar
Keywords: Penjualan Tiket, Vending Mesin, PT Pelni, Makassar

Abstract

Peningkatan pelayanan publik pada dasarnya bertujuan untuk memperbesar tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, sehingga kemampuan  yang dimiliki oleh aparatur harus memenuhi kriteria dasar sebagai pelayanan yaitu memiliki integritas, produktivitas, dan bertanggung jawab serta memilki kemampuan memberi pelayanan yang baik melalui perubahan pola pikir dan budaya kerja dalam sistem manajemen pemerintahan. Upaya peningkatan kualitas pelayanan penjualan tiket kapal maka di perlukan cara untuk mempermudah penjualan tiket terhadap penumpang. Salah satu upaya untuk mengefiensikan pelayanan penjualan tiket kapal di gunakan vending mesin agar mempermudah penumpang pada saat pembelian tiket. Tujuan penelitian ini menganalisis sistem pelayanan penjualan tiket pada penumpang kapal secara vending mesin pada PT. Pelni cabang Makassar. Metode yang di gunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan sistem pelayanan penjualan tiket kapal penumpang secara vending mesin sudah mengikuti standar operasional prosedur namun masih perlu peningkatan jasa vending mesin bagi penumpang pada PT.Pelni (persero) Cabang Makassar dengan kerjasama Distributed Control System (DCS) agar penumpang lebih mudah untuk melakukan pembelian tiket. Dalam hal ini juga menunjukkan perlunya meningkatkan ketertiban dalam proses cetakan tiket menggunakan vending mesin agar penumpang merasa nyaman.

Published
2022-02-04