Efektifitas Penggunaan Platform E-Learning dalam pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana efektifitas pengunaan E-Learning dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Penelitian ini dilakukan pada akhir semester genap pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara serta dokumentasi. Data diolah menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran menggunakan E-Learning dalam pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan menggunakan E-Learning di masa pandemi Covid-19 dengan indikator yaitu: kualitas informasi E-Learning diperoleh 54,4% dengan kategori sangat efektif, 45,6% dengan kategori efektif, 0% dengan kategori tidak efektif, dan 0% dengan kategori sangat tidak efektif. Indikator selanjutnya aspek penggunaan E-Learning UNM diperoleh 34,8% dengan kategori sangat efektif, 50,95% dengan kategori efektif, 14,3% dengan kategori tidak efektif, dan 0% dengan kategori sangat tidak efektif