Penerimaan Pelayanan Kapal Tunda Di PT. Pelabuhan Indonesia IV ( Persero ) Cabang Makassar

  • Amrin Amrin Politeknik Maritim AMI Makassar
Keywords: Kapal Tunda, Pelabuhan Indonesia IV

Abstract

Kapal tunda dan pandu memegang kunci dalam pelayanan kapal pada pelabuhan, karena petugas kapal tunda mempunyai tanggung jawab terhadap  olah gerak kapal dan memenuhi kebutuhan pengguna jasa dalam hal pelayanan dalam lingkungan pelabuhan. Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis penerimaan pelayanan kapal tunda di PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Makassar. Metode yang di gunakan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data pengambilan data di gunakan metode teknik observasi lansung di tempat penelitian dan teknik wawancara yang dilakukan langsung kepada staf di kantor PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Makassar mengenai pelayanan jasa kapal Tunda di PT. Pelabuhan Indonesia (persero) Cabang Makassar. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sistem pelayanan jasa tunda di PT. Pelabuhan Indonesia (persero) cabang makassar, dilayani melalui pusat pelayanan satu atap (PPSA) yang melibatkan unsur dari divisi yang terkait dengan penetapan pelayanan kapal serta pelaksanaan teknis dilapangan (divisi pelayanan kapal dan divisi jasa). Dengan Tujuannya untuk guna meningkatkan kualitas pelayanan optimal kepada para pengguna jasa pelayanan kapal sesuai prosedur ISO 9002 yang telah ditetapkan fasilitas pelayanan kapal yang harus dibayar oleh para pengguna jasa pelayanan kapal.

Published
2022-01-25