Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Mengenai Dampak Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) terhadap Sikap Remaja
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri mengenai dampak penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) terhadap sikap remaja. Metode pembelajaran inkuiri menekankan aspek pembelajaran siswa secara aktif yaitu diarahkan untuk membangun sikap ilmiah siswa dalam belajar dan mengambil keputusan secara mandiri. Penelitian ini dilakukan di SMK 8 Makassar Kota Makassar sebab berdasarkan informasi yang didapatkan sebelumnya bahwa siswa SMK 8 Makassar rentan melakukan pergaulan bebas, sering tidak masuk pada saat jam pelajaran dan sering ditemukannya botol minuman keras di belakang sekolah. Dari informasi tersebut pelajar sangat rentan terkena penyalahgunaan dan peredaran Napza. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa kelas XI SMK 8 Makassar. Adapun jumlah sampel yaitu 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu jenis penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Sebelum diberikan pre test peneliti membagi siswa menjadi 6 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 orang. Pembagian kelompok ini ditentukan oleh guru yang telah mengenal kemampuan siswanya dalam hal keaktifan dan nilai akademik. Dengan demikian setiap kelompok memiliki kemampuan yang setara karena masing-masing memiliki anggota kelompok yang aktif dan dengan nilai akademik yang merata. Setelah dilakukan intervensi berupa pemberian metode pembelajaran inkuiri selanjutnya diberikan post test. Data hasil pre dan post test dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sikap pre test sebesar 61,44% (kategori negatif) meningkat menjadi rata-rata nilai post test 71,78% (kategori positif) setelah diberikan metode pembelajaran inkuiri dengan hasik uji Wilcoxon mendapati P value 0,000< 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri mengenai dampak penyelahgunaan Napza efektif meningkatkan sikap remaja. Adapun kekurangan dalam penelitian ini yaitu tidak memiliki variable kontrol, olehnya itu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian dengan menambahkan variable kontrol dan menggunakan sampel yang lebih besar.