Prosedur Pelayanan Dan Penerbitan Buku Pelaut Secara Online Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari
Abstract
Dalam rangka pemenuhan setiap persyaratan kelaiklautan kapal yang efisien serta berwawasan lingkungan sesuai dengan regulasi diperlukan adanya informasi yang bias dapat diakses oleh pelaut atau manning agency atau perusahaan pelayaran dalam melakukan perekrutan dan penempatan awak kapal berbasis web pada system informasi yang dipersyaratkan pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui prosedur pelayanan dan penerbitan buku pelaut secara online di kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan serta pengumpulan data primer berupa wawancara dengan pihak-pihak yang terkait di kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan kelas II kendari
Hasil penelitian yaitu penerbitan buku pelaut secara online tentunya sudah sesuai dengan SOP dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari hanya sebatas operator sehingga petugas pelayanan hanya mengupload dan yang menyetujui data pendaftaran online itu dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan laut. Dengan demikian data yang telah pengguna jasa daftarkan secara online terintegrasi dengan data yang berhubungan dengan persyaratan teknis maupun persyaratan administrasi
Adapun terjadinya kecepatan dan keterlambatan penyelesaian waktu pelayanan dapat bergantung pada beberapa aspek pendukung. Sedikitnya pengguna jasa yang melakukan pendaftaran online dan berjalannya server atau jaringan dengan baik serta keaktifan pengguna jasa dalam menyelesaikan proses pendaftaran buku pelaut dan pembayaran.