Prosedur Pelayanan Dan Penerbitan Buku Pelaut Secara Online Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari

  • Petrus Pattiasina Politeknik Maritim AMI Makassar, Sulawesi Selatan
Keywords: Penerbitan Buku, Prosedur Pelayanan, Pendaftaran Online

Abstract

Dalam rangka pemenuhan setiap persyaratan kelaiklautan kapal  yang  efisien serta berwawasan lingkungan sesuai dengan regulasi diperlukan adanya informasi  yang  bias dapat diakses oleh pelaut atau manning agency  atau perusahaan pelayaran dalam melakukan perekrutan dan penempatan awak kapal berbasis web pada system informasi yang dipersyaratkan pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui prosedur pelayanan dan penerbitan buku pelaut secara online di kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari.

Jenis penelitian ini  adalah penelitian kualitatif dengan melakukan  pendekatan serta  pengumpulan data primer berupa wawancara dengan pihak-pihak yang terkait di kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan kelas II kendari

 Hasil penelitian yaitu penerbitan buku pelaut secara online tentunya sudah sesuai dengan SOP  dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari hanya sebatas operator sehingga petugas pelayanan hanya mengupload dan yang menyetujui data pendaftaran online itu dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan laut. Dengan demikian data yang telah pengguna jasa daftarkan secara online terintegrasi dengan data yang berhubungan dengan persyaratan teknis maupun persyaratan administrasi

Adapun terjadinya kecepatan dan keterlambatan penyelesaian waktu pelayanan dapat bergantung pada beberapa aspek pendukung. Sedikitnya pengguna jasa yang melakukan pendaftaran online dan berjalannya server atau jaringan dengan baik serta keaktifan pengguna jasa dalam menyelesaikan proses pendaftaran buku pelaut dan pembayaran.

Published
2020-09-30