Pengembangan Buku Ajar Menulis Cerita Pendek Berbahasa Jerman (Kurzgeschichte) Melalui Analisis Kesalahan

  • Ahmad Sahat Perdamean Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan, Propinsi Sumatera Utara
Keywords: buku ajar, menulis, cerita pendek, analisis kesalahan

Abstract

Berdasarkan evaluasi hasil tugas proyek mata kuliah menulis pada semester genap tahun 2019, mahasiswa melakukan kesalahan dalam menulis cerita pendek. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan: i) untuk mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menulis cerita pendek, ii) mengetahui penyebab kesalahan, iii) mengetahui proses pengembangan materi buku ajar.

Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Subjek penelitian adalah mahasiswa peserta perkuliahan mata kuliah menulis (Schreibfertigkeit). Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes menulis cerita pendek dengan tema Aktivit├Ąt in meiner Klasse dan einen Freund besuchen. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa mahasiswa melakukan sebelas bentuk kesalahan tata bahasa Jerman dan diperoleh empat penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menulis cerita pendek. Buku ajar yang dikembangkan terdiri dari tujuh bab materi utama dan empat bagian materi pendukung. Keterbatasan dalam penelitian, yakni buku ajar telah divalidasi, direvisi dan dicetak, namun belum digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan buku ajar mempermudah dosen dalam pengajaran materi dan pencapaian tujuan mata kuliah menulis. Penggunaan buku ajar akan meningkatkan keaktifan mahasiswa (Studentcentre) dalam pembelajaran dan mempermudah ketercapaian produk perkuliahan berupa naskah cerita pendek dalam bahasa Jerman.

Published
2020-09-27