PENGARUH STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KECERDASAN PADA SISWA/I SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR

  • Sumiaty Sumiaty Universitas Muslim Indonesia
  • Ikhram Hardi Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Karakteristik Ibu, pendapatan orangtua, Status Gizi, tingkat Kecerdasan

Abstract

Status gizi baik atau status gizi optimal terjadi bila tubuh memperoleh cukup zat-zat gizi yang digunakan secara efisien (Almatsier, 2010:9). Berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2007dan 2010 secara konsisten menunjukkan bahwa rata-rata asupan kalori dan protein anak balita masihdi bawah Angka Kecukupan Gizi (AKG). Anak yang memiliki status gizi kurang atau buruk (underweight) berdasarkan pengukuran berat badan terhadap umur (BB/U) dan pendek atau sangat pendek (stunting) berdasarkan pengukuran tinggi badan terhadap umur (TB/U) yang sangat rendah terhadap standar WHO mempunyai resiko kehilangan kecerdasan atau intelligence quotient (IQ) sebesar 1015 point (Anonim, 2011). Prestasi belajar anak Sekolah Dasar dapat dikatakan masih rendah. Data dari Kementerian Pendidikan tahun ajaran 2011/2012 tentang prestasi belajar pada anak Sekolah Dasar di 33 Provinsi se-Indonesia, tercatat ada 824.635 siswa yang mengulang yakni sebanyak 767.134 siswa yang berasal dari sekolah negeri dan 57.501 siswa yang berasal dari sekolah swasta. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Status Gizi dengan tingkat kecerdasan pada siswa/i Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan Kuantitatif dengan pendekatan yang bersifat analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang ada di 4 sekolah dasar dan sampel berjumlah 88 sampel. Pengolahan data untuk status gizi dan karakteristik ibu terhadap tingkat kecerdasan siswa/i dilakukan menggunakan SPSS. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi-square dan uji t. Tidak ada pengaruh antara karakteristik pendidikan ibu (p= 0.583), pendapatan orangtua (p=0.898) dan status gizi (p=1.000) dengan tingkat kecerdasan siswa/i Sekolah Dasar di Kota Makassar. Masih terdapatnya siswa/i yang mempunyai status gizi kurang maka orangtua harus lebih memperhatikan pola makan anak.

Author Biographies

Sumiaty Sumiaty, Universitas Muslim Indonesia

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia

Ikhram Hardi, Universitas Muslim Indonesia

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

Published
2018-07-31