PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP PUBLIC SATISFACTION PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Service Quality (Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Tangible) terhadap Public Satisfaction atas pelayanan perizinan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Perolehan data penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, lebih khususnya kepada masyarakat yang menggunakan layanan dan juga mengurus perizinan usaha pada Dinas terkait, serta dilakukan juga wawancara singkat dengan pegawai dari Dinas terkait. Setelah dilakukan pengujian, maka dapat disimpulkan hasil dari hipotesisnya adalah variabel Reliability dan Tangible memiliki pengaruh positif terhadap Public Satisfaction, sedangkan untuk varibale Responsiveness, Assurance, dan Empathy tidak memiliki pengaruh terhadap Public Satisfaction.