PEMODELAN BISNIS UNTUK USAHA KECIL MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI BIDANG KULINER PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Angelina Natasya Angdika Universitas Surabaya
  • Bonnie Soeherman Universitas Surabaya
Keywords: Revolusi Industri 4.0, UMKM, Kuliner, Model Bisnis, manajemen, e-commerce

Abstract

Dalam mewujudkan revolusi industri 4.0, ada beberapa sektor yang menjadi prioritas dalam revolusi industri 4.0, salah satunya adalah sektor Food and Beverage. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan, di antaranya yakni tertinggalnya usaha mikro kecil, kecilnya penggunaan e-commerce oleh pemilik UMKM, inovasi produk yang kurang diperhatikan, serta kurangnya manajemen dan hanya bertindak dengan pendekatan “pokoknya kerjakan saja”. Penelitian ini bertujuan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan merancang sebuah bisnis model untuk startup UMKM kuliner dengan tujuan agar bisa menyesuaikan diri dengan kondisi bisnis kuliner di era revolusi industri 4.0 ini. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi untuk mengetahui kondisi bisnis kuliner saat ini dan permasalahan yang sedang dihadapi. Dari hasil wawancara ditemukan sejumlah poin-poin permasalahan utama, dan dari poin-poin tersebut penulis merancang model bisnis baru yang sesuai untuk UMKM di era revolusi industri 4.0. Dari rancangan ini diharapkan bisa membantu UMKM dalam mengejar ketertinggalannya dan mampu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

Author Biographies

Angelina Natasya Angdika, Universitas Surabaya

Universitas Surabaya

Bonnie Soeherman, Universitas Surabaya

Universitas Surabaya

Published
2019-09-07